Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
Top posters
agoenk (2099)
 
viyan_cs (1036)
 
b-joe (749)
 
ieyaz_Chuit (725)
 
Zell Aristocrats (667)
 
jun43d1 (638)
 
Hetro_fabio (314)
 
twinkblack (265)
 
suzee_tkj2 (237)
 
harmoko (184)
 

June 2017
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Calendar Calendar

Affiliates
tkjpower.multiply.com
 

Sejarah Kelam Panjat Pinang

View previous topic View next topic Go down

Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by ecclesiatez on Mon Aug 16, 2010 10:15 pm


Permainan Panjat Pinang, semua rakyat Indonesia pasti tahu dengan kegiatan ini, di setiap 17 Agustus selalu diadakan, katanya untuk memperingati semangat kemerdekaan para pahlawan. Namun ternyata ada sisi kelam dari sejarah panjat pinang di Indonesia ini.
Jika kamu pernah nonton SInetron Para Pencari Tuhan karya Deddy Mizwar, ada satu adegan dimana, salah seorang tokoh ingin mengadakan acara Agustusan, ada yang mengusulkan Panjat Pinang, tapi di tolak mentah mentah dengan alasan, Panjat Pinang sebenarnya adalah hiburan orang orang Belanda ketika menjajah Bangsa Indonesia.
Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.
Hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.
Bisa dibayangkan kondisi pada masa penjajahan, sementara warga negara Indonesia bersusah payah dengan berlumuran keringat, para Penjajah Belanda dan keluarganya tertawa terbahak bahak melihat penderitaan Bangsa Indonesia.
Dan mungkin saat ini, ketika perayaan 17 Agustus, mereka masih tertawa terbahak bahak, menyaksikan bahwa budaya yang mereka buat dengan tujuan melecehkan Bangsa Indonesia, ternyata justru dilestarikan.
Dan saat ini bentuk permainan ini masih bertahan hingga sekarang, ada pihak yang tidak mempermasalahkan sejarah permainan ini, tapi ada juga yang tidak setuju dengan budaya ini. Jika sejarah panjat pinang begitu menyakitkan mengapa harus di lestarikan.
Sumber : di sini
avatar
ecclesiatez
newbie tkj
newbie tkj

Posts : 26
Join date : 2010-07-25

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by b-joe on Tue Aug 17, 2010 11:44 am

nice post.. Very Happy
avatar
b-joe
tkjlovers
tkjlovers

Posts : 749
Join date : 2009-03-12
Age : 27
Location : The Rayman - Slawi

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by viyan_cs on Tue Aug 17, 2010 11:50 am

dipikir memang bener ya bozz..tapi mo gmn lagi itulah orang pribumi..
mungkin kita ambil segi positifnya ja ya boz..dengan panjat pinang bisa melatif kerjasama serta tidak egois..
avatar
viyan_cs
tkj geek
tkj geek

Posts : 1036
Join date : 2009-03-19
Age : 26
Location : bogkids

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by utho chubby on Wed Aug 18, 2010 8:47 am

viyan_cs wrote:dipikir memang bener ya bozz..tapi mo gmn lagi itulah orang pribumi..
mungkin kita ambil segi positifnya ja ya boz..dengan panjat pinang bisa melatif kerjasama serta tidak egois..

setuju tuh ma maz viyan.....
nama na udah kebiasaan tiap tahun mo gimana lage......

tapi q juga gak setuju ma maz viyan.....
mang c melatih kerja sama, tapi kadang juga ada orang yang iseng, tapi berdampak buruk bagi orang lain....
maen kaya gitu kan juga rebut2an, saling mmenjatuhkan juga...
kasihan klo da orang yang badan na kecil...
bisa keinjek2 tuh...
huehehehehheheehhe
avatar
utho chubby
tkjmaniac
tkjmaniac

Posts : 135
Join date : 2010-06-25
Age : 23
Location : Tegal City

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by b-joe on Wed Aug 18, 2010 9:56 am

mari kita berpikiran positif untuk menuju hidup yg positif
avatar
b-joe
tkjlovers
tkjlovers

Posts : 749
Join date : 2009-03-12
Age : 27
Location : The Rayman - Slawi

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by utho chubby on Wed Aug 18, 2010 10:06 am

asyik ah....
wokey boz............
avatar
utho chubby
tkjmaniac
tkjmaniac

Posts : 135
Join date : 2010-06-25
Age : 23
Location : Tegal City

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by viyan_cs on Wed Aug 18, 2010 12:31 pm

utho chubby wrote:
viyan_cs wrote:dipikir memang bener ya bozz..tapi mo gmn lagi itulah orang pribumi..
mungkin kita ambil segi positifnya ja ya boz..dengan panjat pinang bisa melatif kerjasama serta tidak egois..

setuju tuh ma maz viyan.....
nama na udah kebiasaan tiap tahun mo gimana lage......

tapi q juga gak setuju ma maz viyan.....
mang c melatih kerja sama, tapi kadang juga ada orang yang iseng, tapi berdampak buruk bagi orang lain....
maen kaya gitu kan juga rebut2an, saling mmenjatuhkan juga...
kasihan klo da orang yang badan na kecil...
bisa keinjek2 tuh...
huehehehehheheehhe
itu dia knp ditertawakan ma belanda ya karena itu..saling menjatuhkan dan tidak mau kerjasaama...trus untuk yang badannya kecil..ngapain ko ikut panjat pinang ..klo pun ikut mending diatas..klo da kerjasama may be ngga seperti itu mba.. Razz
avatar
viyan_cs
tkj geek
tkj geek

Posts : 1036
Join date : 2009-03-19
Age : 26
Location : bogkids

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by eros on Wed Aug 18, 2010 1:52 pm

emang sangat menyedihkan bangsa kita ini ,,,... Mad Mad Mad
avatar
eros
tkjmaniac
tkjmaniac

Posts : 174
Join date : 2010-06-22
Age : 25
Location : Larangan,Brebes

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by ecclesiatez on Wed Aug 18, 2010 9:26 pm

betul semua tp coba kita berpikir..
Kenapa sih terkadang hal yang dianggap kurang baik masih tetap dipertahankan ....
Kebanyakan di masyarakat kita sikapnya tuh seperti ini ...
1. Karena banyak yg tidak tahu dan tidak pengin cari tahu
2. Kalau sudah tahu ...bukannya mencoba mengubah tapi memberi alasan bahwa yg ini juga baik (tentu sj dgn berbagai alasan)...padahal banyak yg lebih baik lagi ..
Maaf gan ane hanya sekedar berpendapat ..bukan hanya mengenai permainan ini ..tp beginilah umumnya yg terjadi di masyarakat kita ...
avatar
ecclesiatez
newbie tkj
newbie tkj

Posts : 26
Join date : 2010-07-25

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by viyan_cs on Thu Aug 19, 2010 3:09 pm

ecclesiatez wrote:betul semua tp coba kita berpikir..
Kenapa sih terkadang hal yang dianggap kurang baik masih tetap dipertahankan ....
Kebanyakan di masyarakat kita sikapnya tuh seperti ini ...
1. Karena banyak yg tidak tahu dan tidak pengin cari tahu
2. Kalau sudah tahu ...bukannya mencoba mengubah tapi memberi alasan bahwa yg ini juga baik (tentu sj dgn berbagai alasan)...padahal banyak yg lebih baik lagi ..
Maaf gan ane hanya sekedar berpendapat ..bukan hanya mengenai permainan ini ..tp beginilah umumnya yg terjadi di masyarakat kita ...
sekarang gini maz..maz bilang gitu solusinya apa ?biar masyarakat mo ngerubah..
jadi yang saya tanyakan disini untuk kedepannya kiat apa yang akan maz lakukan untuk menghadapi hal yang seperti itu..?
klo untuk menampakan kekurangan dari masyarakat kita dari postingna serta reply dari maz mungkin dah cukup..cuma ya itu saya lagi nungu solusinya..
biar jadi kritik + saran.tdk hanya cuma kritik.
thanks

avatar
viyan_cs
tkj geek
tkj geek

Posts : 1036
Join date : 2009-03-19
Age : 26
Location : bogkids

Back to top Go down

Re: Sejarah Kelam Panjat Pinang

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum